Apakah Anda Termasuk Kategori Trader Professional?

Beberapa hari yang lalu telah kita bahas tentang ciri-ciri seorang trader pada level pemula. Nah sekarang kita akan bahas mengenai ciri-ciri seorang trader profesional. Hanya 10% orang yang berhasil melewati masa ini.

 Dan 10% itu adalah merupakan seorang trader yang mengalami “Eureka Moment”. Pada level “Eureka”, seorang trader akhirnya menyadari pokok permasalahan trader bukan terletak di sistem/strategi.

Di level Eureka ini trader mulai menyadari bahwa ia bisa menggunakan sistem trading yang sederhana saja untuk profit! Di level Eureka ini trader mulai paham mengapa ia bisa profit trading hanya dengan satu indikator/bahkan bisa profit trading tanpa indikator!

Asik sekali memasuki masa Eureka ini, sistem trading kita akan sangat simple dan mudah digunakan! Di level Eureka ini fokus si strader bukan lagi pada mencari strategi trading, namun pada psikologi trading. 

Trader-trader di level Eureka mulai bisa menggunakan mindset dan money management yang benar. Trader di level Eureka juga mulai sadar pentingnya membaca buku tentang psikologi trading. Setelah melewati masa Eureka, tibalah masa/ level Pencerahan. Wah apa itu ya ?

Level Pencerahan membuat kita sadar satu hal penting, bahwa tidak ada seorang pun yang mampu memprediksi pasar secara akurat! Di level Pencerahan, trader mulai menguasai satu sistem trading dan memodifikasinya sehingga sesuai dengan karakternya.

Dalam level Pencerahan, kita hanya akan trading jika kita tahu probabilitas untuk profit lebih besar daripada untuk loss. Trader di level Pencerahan sadar bahwa, kita tidak harus melulu trading. Ada saatnya untuk jeda. 

Baca Juga: 10 Langkah Untuk Menjadi Trader Forex

Level Pencerahan: kita hanya trading jika ada signal dari sistem kita, selalu menggunakan stop loss. Trader di Level Pencerahan tahu stop loss adalah resiko bisnis yang ada dalam dunia trading.

Di level Pencerahan, saat stop loss kena, kita tidak emosi karena kita tahu tak seorangpun bisa 100% tepat dan itu bukan salah kita. Trading berikutnya akan meningkat probabilitas profitnya karena kita tahu sistem kita itu sistem trading yang profit. 

Baca Juga: 3 Hal Perlu Diperhatikan Trader Saat Trading

Level Pencerahan : kita seketika sadari bahwa dalam dunia trading hanya ada satu hal yang penting yaitu konsistensi pada sistem. Hal yang lebih penting lagi biasa disadari di Level Pencerahan yaitu : psikologi trading dan money management. Hanya 3% trader yang bisa mencapai level ini dan menjadi seorang trader profesional. Sekarang kita bisa dengan bangga berkata ” SAYA SEORANG TRADER”! Apakah kita siap untuk menjadi seorang trader/mulai trading saham? Bersiaplah melewati setiap level-level tersebut.

Baca Juga: Apa itu Trading Futures?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Beberapa Hal Yang penting Untuk Investor Pemula