Cara Atasi Berbagai Macam Permasalahan Kartu ATM

Halo guys, gimana kabar sahabat cuan hari ini?

Kali ini kita bahas permasalahan yang tidak asing lagi yaitu kartu ATM / Debit Card. Ada beberapa malasah yang sering kita temui saat menggunakan kartu ATM, berikut list beserta cara memperbaikinya :

  1. ATM terblokir

Mengapa ATM bisa terblokir? Tentu yang sering terjadi dikarenakan 3x kesalahan dalam memasukkan PIN kartu ATM, atau pemblokiran atas permintaan sendiri. Namun tidak menutup kemungkinan ada salah satu perbankan karena gangguan sistem di ATM mereka yang menyebabkan kartu ATM kita juga ikut terblokir, dan kartu ATM tertelan mesin ATM, tapi jangan khawatir hal tersebut bisa di atasi.

Pertma kalian bisa membuka blokir dengan menghubungi call center, dan kalian akan di ajukan beberapa pertanyaan untuk verifikasi bahwa kartu ATM tersebut benar milik kalian. Apa pertanyaannya? Biasanya 3 digit no dibelakang kartu ATM kalian, terus tempat beserta tanggal lahir dan nama perempuan orang tua kandung kalian.

Kedua kalian bisa langsung datang ke unit atau cabang dari kantor layanan perbankan. Apa yang perlu di persiapkan? Buku tabungan kalian, KTP dan kartu ATM.

Ketiga beberapa  perbankan menyediakan fitur layanan online seperti via live chat ataupun aplikasi layanan online.

  • ATM hilang atau tertelan mesin ATM

Kadang memang bisa saja ya guys saat menggunakan mesin ATM malangnya kartu ATM kita malah tertelan dan tidak bisa dikeluarkan. Ada kalanya juga kita kelupaan menaruh kartu ATM kita alhasil hilang. Terus apa tahapan dilakukan biar kita tetap mempunyai kartu ATM? Pertama jika kartu ATM kalian hilang atau tertelan, segera mungkin kalian hubungi call center untuk meminta pemblokiran atas kartu ATM kalian agar menghindari disalahgunakan jika kartu ATM kalian berada ditangan orang lain. Terus bagaimana cara mengembalikan kartu ATM lagi?

Setelah kalian melakukan pemblokiran kartu ATM, kalian harus mendatangi kantor kepolisian untuk meminta surat keterangan hilangnya kartu ATM. Ops jangan lupa kalian membawa KTP beserta buku tabungannya ya. Kemudian setelah selesai kalian tinggal bawa surat tersebut ke unit atau cabang perbankan kalian untuk pembuatan ATM baru dengan nomer rekening yang sama.

  • Tips Aman menggunakan ATM
  • Jangan membuat PIN sesuai tanggal lahir kalian
  • Usahakan 1 bulan sekali mengganti PIN ATM
  • Jika kalian sering lupa PIN baiknya kalian simpan di catatan smartphone kalian dan di hide/lock
  • Jangan memberi tahu PIN anda kepada orang lain maupun costumer service dari pihak perbankan
  • Jangan menghubungi nomer call center selain yang terdaftar sebagai call center atau tertulis di perbankan. Ini beberapa list nomer call center :
  1. Bank Central Asia (BCA) : Halo BCA 1500888
  2. Mandiri Call Center : 14000
  3. Bank Rakyat Indonesia (BRI) : 14017
  4. Bank Negara Indonesia (BNI) : 1500046
  5. Bank Danamon : 1500 090

Oke sampai disitu dulu pembahasan kita tentang permasalahan kartu ATM, semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi jika terdapat masalah tersebut, see you.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Bingung Pilih Investasi Saham Atau Obligasi?
Next post Cara Menghadirkan Ide Untuk Bisnis