Cara Membuat Proposal Bisnis

Proposal bisnis adalah salah satu hal penting untuk bisa mendapatkan investor guna membiayai usaha yang sedang dilakukan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menyukseskan proposal antara lain:

  1. Bahasa penulisan singkat dan jelas

Uraikan kata-kata dalam proposal bisnis dalam bahasa yang mudah dimengerti dan jelas. Hindari penggunaan istilah dan singkatan. Menggunakan EYD adalah yang paling baik. Dengan menggunakan bahasa yang jelas, maksud dan tujuan akan bisa terbaca dan menjadi faktor yang bisa membantu menyukseskan proyek yang sedang direncanakan.

       2. Deskripsi yang Jelas

Buatlah deskripsi secara gamblang dan jelas tentang apa yang akan dilakukan, rincian biaya, waktu pelaksanaan, strategi marketing, struktur organisasi dll.

       3. Tunjukkan Diri Anda

Bahasa tulisan menunjukkan siapa kita sebenarnya. Gunakanlah bahasa yang sopan, jujur dan tidak berlebihan. Penilaian yang objektif yang baik akan muncul setelah membaca uraian yang disampaikan dengan bahasa yang sopan. Dengan demikian tingkat kepercayaan akan lebih tinggi.

       4. Tidak Berlebihan

Hindari menuliskan bahasa yang berbelit-belit, tidak jelas, ambigu dan mengandung unsur SARA.

       5. Tunjukkan Keuntungan yang Akan Mereka Dapat

Tunjukkan melalui proposal anda bahwa “there is a money”. Tunjukkan bahwa apa yang akan dikerjakan telah dianalisa dan memiliki return atau income yang sepadan. Dan berikan jaminan bahwa apa yang sudah investor sumbangkan akan dikembalikan sesuai janji jatuh tempo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Cara Atasi Berbagai Macam Permasalahan Kartu ATM
Next post Cara Menghadirkan Ide Untuk Bisnis