Cara Menghadirkan Ide Untuk Bisnis

Sebuah konsep bisnis yang bagus tidak akan pernah menjadi sebuah wujud yang nyata jika masih tertuang di atas kertas tanpa pernah ada realisasinya. Relisasikan bisnis yang sudah anda rencanakan. Tidak ada sesuatupun yang berjalan tanpa adanya sebuah rintangan. Demikian juga dengan rencana bisnis yang kita jalankan. Ikuti perubahan yang terjadi. Be fleksibel….

Mayoritas orang memutuskan untuk terjun mengeksekusi ide diantaranya :

  1. Dengan cara membeli lisensi bisnis/waralaba
  2. Bekerja sama/ joint venture dengan pihak lain
  3. Membangun bisnis baru

1. Membeli lisensi atau Waralaba

Konsep ini memang yang saat ini sedang menjamur karena sudah tersedia semua planningnya secara rinci mulai dari permodalan, system kerja, karyawan, order barang dll. Semuanya sudah ada dalam satu paket kerjasama dengan jangka waktu tertentu. Masyarakat yang membeli tinggal menjalankan saja support systemnya akan bekerja dengan sendirinya.

2. Joint Venture

Yaitu konsep untuk melakukan kerjasama bisnis antara pribadi dengan pribadi baik itu pada bidang yang dulu pernah digeluti ataupun bidang yang baru. Kebanyakan pelaku di bidang ini adalah orang yang sebelumnya pernah bekerja di suatu perusahaan swasta yang kemudian membuka usaha sendiri. Jadi mereka sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

3. Membangun bisnis baru

Konsep yang ketiga ini didasarkan pelaku bisnis melihat adanya ruang kebutuhan konsumen yang belum terpenuhi secara maksimal walaupun telah banyak bisnis yang bergerak di bidang ini ataupun bidang ini memang benar-benar masih kosong sehingga sangat potensial sekali untuk dikerjakan. Tentu saja haruslah dilakukan penelitian terlebih dahulu agar usaha yang dilakukan tidak mengalami jalan buntu karena sepi peminat.

Bisa juga dengan diversifikasi produk dari produk-produk yang telah ada ataupun modifikasi. Nilai tambah inilah yang perlu dikedepankan dalam melakukan sebuah terobosan bisnis. Persaingan memang tidak akan pernah usai dan perubahan pun akan terus terjadi. Oleh karena itu perubaha-perubahan suatu ide bisnis dan produk harus terus dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous post Cara Membuat Proposal Bisnis